Rabu, 30 November 2016

MANFAAT BUAH APEL

Buah Apel (Malicus Domestica) merupakan tumbuhan buah yang memiliki rasa manis dengan kandungan banyak air untuk memberi kesegaran saat melewati tenggorokan. Kulit buah apel ada yang merah, hijau, dan kuning tergantung jenis dari apel itu sendiri. Apel didapat dari pohon apel yang menurut sebagian ahli merupakan tumbuhan pertama yang menjadi tanaman pertanian, buah-buahannya diperbaiki dengan proses seleksi selama ribuan tahun.

Apel adalah buah yang tumbuh dengan baik pada kawasan dengan iklim yang dingin, tetapi Asia Tenggara adalah negara-negara yang pertama kali menanam pohon apel, dengan demikian bisa pula dikatakan kalau buah ini subur pertumbuhannya pada kawasan tropis.

Tak heran semua kalangan menyukai buah apel, daging buah yang keras ketika digigit akan mengeluarkan banyak air. Kebanyakan orang makan apel saat kondisi mentah (tidak dimasak) dan para ahli pun menganjurkan hal tersebut. 

Nutrisi dan Mineral dalam Buah Apel

Buah apel mengandung berbagai vitamin dan mineral yang semua bekerja sama untuk memberikan kontribusi terbaik terhadap sistem tubuh manusia agar sehat dan terlindungi dengan baik.

Apel mengandung flavonoid, polifenol dan vitamin C yang bertindak sebagai anti-oksidan untuk melindungi tubuh dari bakteri dan virus yang mengancam kesehatan. Kandungna vitamin A didalamnya mampu melawan sel kanker dan menurunkan kolesterol. terdapat pula turunan vitamin B kompleks seperti tiamin, riboflavin dan piridoksin untuk memperkaya khasiat dari buah apel.

Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan

1. Membantu Kerja Usus Halus

Pencernaan tidak pernah lepas dari usus halus sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisinya. Mengkonsumsi buah apel secara rutin dan teratur dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan yang terjadi pada usus.

2. Mengurangi Resiko Gangguan Pernafasan

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit pernapasan. Selain itu wanita hamil yang dengan rutin mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pada pernafasan anak dalam kandungannya.

3. Menyehatkan Rongga Mulut dan Gigi

Ternyata apel juga memiliki fungsi untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi apel dengan langsung mengunyahnya akan langsung merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terkandung pada apel dapat membersihkan plak yang dapat merusak gigi dan gusi.

4. Memberikan Perlindungan pada Tulang

Kandungna flavonoid (phloridzin) dapan apel dapat mengurangai gangguan terkena osteoporosis pada wanita pasca monopouse. Kandungan boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Ini juga sangat baik bagi gejala timbulnya penyakit rematik.

5. Mengkontrol Gula Darah

Galacturonic acid disuplai apel untuk menurunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik terserang penyakit diabetes agar tidak bertambah dan menjadi lebih serius.

6. Mencegah dan Mengobati Kanker

Manfaat buah apel ini terdapat pada senyawa triterpenoids  pada kulit apel, yang diidentifikasi pada sebuah penelitian Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, lever dan gejala kanker usus besar.

7. Kesehatan Otak

Buah apel telah terbukti dapat digunakan untuk melindungi sel-sel nueron yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi resiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit Alzheimer.

8. Mencgah Parkinson

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya bisa terlindung dari penyakit Parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

9. Menurunkan Kolesterol

Bagi anda yang gemuk atau telah memiliki LDL yang tinggi sebaiknya beralih pada buah apel. Serat larut yang ada pada buah apel dapat mengikat lemak dalam usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolesterol.

10. Menyehatkan Jantung

Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk didalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat dibersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada buah apel.

Demikian manfaat dari buah apel yang dapat kami bagikan semoga bisa bermanfaat. Jangan lupa Share ya!!! Baca juga Manfaat Buah Pisang

Sumber : Di ambil dari http://cakrawalasehat.blogspot.com dan http://manfaat.co.id

5 komentar:

  1. ternyata manfaat nya banyak juga, bukan hanya rasa yang manis

    BalasHapus
  2. ternyata makan buah aja hidup bisa menjadi sehat ya. asal rajin konsumsi makanan yang sehat

    BalasHapus
  3. mantap, jd tau gw. makasih ilmunya gan

    BalasHapus
  4. Thanks infonya..
    Selain enak ternyata apel memiliki banyak manfaat

    BalasHapus