Selasa, 22 November 2016

MANFAAT BUAH PISANG

Pisang adalah buah yang sangat mudah sekali untuk ditemukan. Buah ini bisa kita dapatkan dengan mudah dengan harga yang murah. Buah pisang ini baik sekali bila dikonsumsi oleh ibu hamil, karena dapat membantu perkembangan janin, karena buah pisang memiliki kandungan nutrisi, asam folat dan juga kalium yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu buah ini juga memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, zat besi, dan fosfor.

Dalam artikel ini kami ingin memberikan informasi tentang manfaat dari buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Sumber energi.

Di dalam buah pisang terdapat kandungan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi bagi tubuh. Buah pisang dapat diubah dari gula menjadi energi alami dan banyak olahragawan mengkonsumsinya secara rutin. Pisang merupakan salah satu buah yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa karena memberikan energi yang diperlukan untuk melakukan kegiatan aktivitas sehari-hari.

2. Menurunkan berat badan

Bagi anda yang bermasalah dengan berat badan anda, lebih-lebih untuk anda yang kelebihan berat badan. Buah pisang bisa jadi solusi buat anda, dengan mengkonsumsi buah pisang secara rutin berat badan anda bisa berkurang, karena buah pisang mengandung kalori yang relatif kecil.

3. Menjaga tekanan darah

Buah pisang mengandung kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah. Mengkonsumsi kalsium, kalium, serta magnesium dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Buah pisang kaya akan kalsium, kalium, dan magnesium, sehingga buah pisang merpakan salah satu pilihan yang sehat untuk menurunkan tekanan darah.

4. Meningkatkan funsi saraf dan kekuatan otak

Pisang merupakan sumber yang kaya akan vitamin B yang dapat meningkatkan fungsi saraf. Kalium yang terkandung dalam pisang juga dapat meningkatkan kemampuan mental dan kemampuan belajar.

5. Mengobati jerawat

Buah pisang bisa digunakan untuk mengobati jerawat dengan cara yaitu pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang, lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan untuk beberapa menit, lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini dalam beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

6. Mengatasi luka lambung

Buah pisang mengandung zat-zat tertentu yang dapat merangsang sel-sel yang membentuk lapisan perut, hal ini dapat mengatasi asam lambung. Zat tersebut juga dikenal sebagai prostease inhibitor dalam pisang yang dapat memebantu menghilangkan bakteri diperut yang menghasilkan sakit maag, sehingga melindungi terhadap berbagai kerusakan lambung dan ulkus.

7. Mencegah insomnia

Buah pisang kaya akan asam amino yang dikenal sebagai Tryptophan. Zat tersebut dapat memicu produksi melatonin (hormon tidur) yang dapat membantu untuk tidur. Mengkonsumsi buah pisang beberapa jam sebelum tidur dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak.

8. Pelembab Alami

Buah pisang dapat dijadikan pelembab alami bagi kulit anda. Hal ini karena buah pisang mengandung vitamin A yang dapat mengembalikan kelembaban yang hilang serta memeperbaiki kulit rusak, kulit kusam, dan kering. Caranya hancurkan pisang yang sudah matang dan terapkan pada wajah, hindari kontak dengan mata dan biarkan kulit anda selama 20-25 menit, lalu cuci dengan air hangat. Apabila ingin membuat kulit menjadi lebih lembut dan lentur, tambahkan madu pada pisang tersebut. Hal ini dapat membantu dalam menghilangkan pigmentasi kulit.

9. Menyeimbangkan jumlah cairan

Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

10. Mengatasi anemia

Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi dua buah pisang setiap harinya secara rutin dapat mengatasi kekurangan darah merah atau anemia.

Demikian paparan mengenai manfaat buah pisang bagi kesehatan tubuh manusia. Baca juga Manfaat Buah Semangka. Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa share ya!!!

1 komentar: